PAKISTAN

ES LASSI

 

 

Lassi adalah minuman yang berasal dari India dan Pakistan. Ciri khas lassi adalah menambahkan yoghurt sebagai salah satu bahan utama selain buah-buahan. Proses pembuatan lassi hampir sama dengan jus.

Minuman lassi yang paling populer adalah lassi mangga, lassi stroberi, lassi blueberry dan lassi alpukat. Di dalam lassi juga seringkali ditambahkan rempah-rempah seperti bubuk kayu manis, bubuk lada atau bubuk pala.

Tujuannya, agar lassi lebih kaya rasa. Agar lebih sehat, gunakan plain yoghurt atau yoghurt tawar. Ganti sirup gula dengan madu atau pilih buah-buahan bercita rasa manis sehingga tidak perlu menambahkan gula lagi ke dalam lassi.

Lassi tradisional yang ditambahkan jintan memiliki rasa sedikit asin, dan merupakan minuman yang populer di desa-desa kawasan Punjab. Yogurt dilumatkan bersama air dan diberi tambahan garam, merica, dan rempah-rempah lain.

Lassi yang diberi tambahan mentega disebut makkhaniya lassi dan kental seperti susu kocok (makkhan berarti mentega dalam bahasa Punjabi, bahasa Urdu, bahasa Hindi, atau bahasa Gujarat).

Agar tidak penasaran, ini dia resep Lassi Stroberi

Bahan :
– 250 ml yoghurt tawar
– 125 ml susu skrim
– 6 buah stroberi besar, buang kelopaknya dan belah dua
– Pilihan buah lainnya sesuai selera
– Gula sesuai selera
– Tambahkan es serut sewaktu disajikan

Cara membuat :
1. Blender semua bahan, kecuali gula dan es
2. Tambahkan gula dan es serut sesuai selera
3. Sajikan

Tinggalkan komentar